Monday, June 09, 2008

Teliti Sebelum Membeli...

Wheww...akhirnya udah di Jogja lagi, dan nulis blog :-) laptop dah laku kemaren, makanya langsung nulis dan posting di kantor :-)

Ceritanya mulai hari Jum'at kemaren 6/6 sampai Ahad 8/6, sebagian besar waktuku ada di atas bus antar kota. Jam 20.00, berangkat pulang dari Jogja ke Madiun, sampai rumah jam 24.00, trus besok paginya sekitar jam 10.00 berangkat lagi ke Surabaya, sampai disana sekitar jam 14.00, jam 19.30 sudah di atas bus lagi menuju Madiun, trus akhirnya jam 09.30 kembali di atas bus lagi balik menuju Jogja. ;-) hmm lumayan juga jet -eh buslagnya :-)

Perjalanan dari bus ke bus awalnya adalah ketika aku abis beli kamera baru (akhirnya), waktu ngecek pas beli aku gak memperhatikan bahwa ada 1 (satu) titik 'deadpixel' di layar LCD-nya.. saat ku pake moto2 narsis seminggu sesudahnya, baru deh ketauan. Aku kontak si pemilik toko, sekalian Nikon pusat yang di Jakarta, katanya bisa di tukar. Ya sudah.Alhamdulillah, pilihan atas merek dan toko sudah tepat :-) tapi tetep aja kejadian kemaren hikmahnya adalah : selalu teliti sebelum membeli.:-)
Berikut tips pengalaman saay pribadi, jika ingin membeli kamera digital -tapi sebenarnya bisa juga diaplikasikan untuk barang-barang gadget atau elektronik yang laen, lepas dari kondisi barang elektronik jaman sekarang yang nampaknya tidak seawet buatan tahun dulu. Mungkin faktor harga juga berpengaruh.

1. Sebelum memutuskan membeli, pastikan informasi yang anda miliki lengkap. Terutama mengenai spek, asal negara pemilik merk, range harga, dukungan asesoris, dukungan layanan purna jual dan servis. Banyak bacaan, majalah, koran yang membahas tentang kamera atau coba cari juga di situs2 (www.dpreview.com dll, forum2 (www.fotografer.net, www.kamera-digital.com, www.ayofoto.com dll) dimana anda bisa lebih banyak mendapatkan informasi
2. Saran saya, belilah yang sesuai kebutuhan, jika anda hampir mustahil untuk selalu mencetak dengan ukuran 10R, megapixel antara 6-8 sudah cukup. Fitur2 yang laen yang sekiranya tidak perlu sangat bisa anda abaikan, karena biasanya tambah fitur juga tambah biaya (dust removal, image stabilization, anti air, dll).Bonus2, biasanya memory card, bisa juga dipertimbangkan, walau sebenarnya harganya juga tidak terlalu mahal, cek dulu bonus memory card mereknya apa, karena beda merek juga beda kualitas.
3. Jika sudah mantap menentukan merek "X" dengan kisaran harga sekian, serinya ini, maka cobalah untuk berpegang teguh, jangan mudah tergoda rayuan penjaga toko, iklan2 di jalan, dll, yakinkan barang yang anda beli memang sesuai untuk anda.Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu anda dengan kamera ini. (heleh, berasa milih calon istri/suami hehehe).
4.Buat perbandingan mengenai lokasi tempat membeli, harga, pelayanan purna jual.Pastikan jika terjadi hal yang terburuk, kamera rusak, error, anda bisa dengan mudah dan nyaman menghubungi toko yang dimaksud.Sebisa mungkin pilihlah barang dengan garansi resmi.
5.Sudah menentukan target kamera yang diincar? Sudah siap transfer or bawa uang cash? Sudah menentukan toko dimana membeli? Kalau tinggal berangkat, pastikan kondisi badan anda nyaman juga perut kenyang :-) secara psikologis jika perut kenyang akan membuat kita lebih bisa bertindak realistis :-) karena perut yang lapar bisa2 menular yang laen misalnya ke: mata, hehehe i mean, tadinya rencana cuma mau beli kamera dulu, sampai di toko, ee liat2 tas kok lucu, liat asesoris ini itu...jadinya belanja banyak deh,kecuali kalo memang anda berniat belanja sekalian.
6.Sudah memegang kamera yang anda impikan? sudah deal? Coba mengexplore kamera itu dengan maksimal, set semua mode yang ada, coba jepret sebanyak mungkin, pastikan semua tombol dan menu, lensa berfungsi dengan baik, dan paling penting perhatikan apakah ada 'deadpixel' di layarnya. Deadpixel secara teknis memang tidak mempengaruhi hasil gambar, namun demikian tetep saja bikin bete, karena memang cacat.
7.Sudah di rumah? Nah mumpung masih anget ni, explorasi kamera selaken dilanjutken, untuk semua mode dan semua kondisi, meskipun masa garansi masih 1 tahun tetapi biasanya dalam jangka waktu 2 minggu kamera masih bisa ditukar langsung jika ketahuan ada yang tidak beres.

Nah, selamat pilih2 kamera!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Telah ditengok sebanyak:
Counters
Amazon.com Coupons